Tanya & Jawab

1. Berapa lamakah saya akan mendapatkan refund?
  • Setelah pengajuan refund Anda diterima dan disetujui oleh Traveloka, proses refund tiket pesawat akan memakan waktu hingga 90 hari tergantung kebijakan dari setiap maskapai.

2. Berapa jumlah refund yang akan saya dapatkan?
  • Hal ini tergantung pada kebijakan maskapai. Proses refund juga dapat dikenakan biaya tambahan sesuai dengan ketentuan setiap maskapai, bisa dicek di sini.
3. Di manakah saya akan menerima uang refund tersebut?
  • Dana pengembalian refund akan dikembalikan ke saldo id outlet anda secara adjust. 
4. Kapankah saya dapat mengajukan refund tiket pesawat?
  • Refund harus diajukan dalam periode masa berlaku tiket, yang bisa berbeda untuk tiap maskapai. Setelah periode masa berlaku tiket habis, Anda tidak dapat lagi mengajukan refund alias hangus.

    Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online). 
5. Bagaimana cara mengajukan refund untuk force majeure (bencana alam)?
  • Pengajuan refund untuk force majeure (bencana alam) tidak berbeda dengan pengajuan refund biasa. Namun, Anda harus memilih alasan Force Majeure di dicatatan refund Anda.
6. Apakah mungkin membatalkan pesanan penerbangan saya karena alasan personal?
  • Hal ini tergantung pada kebijakan maskapai, apakah pesanan Anda dapat dibatalkan atau tidak.

10 komentar:

  1. Untuk kasus double issued (nama pax, rute dan waktu penerbangan sama) bagaimana ya? apakah pax langsung datang mengajukan sendiri atau dari pihak travel agent?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak,
      Untuk kasus double issued ada 2 kondisi:
      1 bisa refund full, kondisi ini biasanya jika ada error dari maskapai bisa diajukan refund full, tetapi perlu pengecekan ke maskapainya jika memang adanya error disistem maskapai sehingga terjadi double issued dengan data-data yg sama biasanya akan direfund full.

      2. Refund standart, kondisi ini memang ada kelalaian travel agent sehingga terjadi double issued bisa diajukan refund ke maskapai.

      Dua kondisi tersebut bisa diajukan refund langsung pihak travel agent, tetapi juga bisa mengajukan sendiri ke maskapainya. Silahkan mau melalui travel atau mengajukan sendiri, tetapi saya sarankan mending melalui travel karena transaksinya melalui agent travel.

      Terima kasih

      Hapus
  2. proses refund berapa lama disetujui pihak maskapainya ya,apakah sampai tanggal pemesanan tiket?
    lalu bagaimana jika sampai tgl pemesanan tiket refund masih dalam proses
    apakah bisa digunakan tiketnya?

    BalasHapus
  3. Hi kak.

    Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
    Menjawab pertanyaan kakak perihal berapa lama proses refund disetujui.

    Biasanya proses refund disetujui paling lama 2X24 jam pada hari kerja, tergantung juga apakah ada proses lain dan biasanya di infokan oleh pihak maskapai perihal ada proses lain yg harus dilalui.

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Saya ingin mengajukan refund karena maskapai membatalkan penerbangaan tetapi tidak tersedia pilihan sebab dibatalkan karena force majeure hanya ada sebab sebab pribadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Kakak bisa mengajukan proses refund jika memang pembatalan tersebut dikarenakan force majeure, silahkan pengajuan proses refund ditempat kakak beli tiket tersebut nanti akan dilayani dan diproses sesuai dengan S&K disetiap maskapai.

      Terima kasih.

      Hapus
  5. Apakah saya mempunyai hak untuk menolak refund yang berupa voucher dan memilih refund tunai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Kebijakan atas refund berupa voucer bukan dari agent dll nya melainkan dari pihak maskapai sendiri yang mengeluarkan kebijakan refund berupa voucer bukan tunai.

      Terima kasih

      Hapus
  6. Dalam 1 tiket saya memesan utk 2 pax, tetapi 1 pax berhalangan dikarenakan sakit. Lalu sy mengajukan refund utk 1 pax tsb, tetapi di eticket masih ada nama pax tsb. Itu bgaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mohon maaf baru bisa mereplay pertanyaan kakak, Mengenai pertanyaan kakak didalam 1 tiket masih ada nama salah satu penumpang yang sudah diajukan refund, sebenarnya hal ini tidak ada kendala apa-apa pak karena proses nya sebagaii berikut jika melakukan refund hanya 1 pax didalam tiket yg terdaftar 2 pax sebelumya:

      Proses refund tiket yang didalam nya ada 2 pax nanti nya akan di keluarkan salah satu yang direfund nah ini nanti akan ada kode booking split khusus untuk 1 pax yang direfund dan sudah terdaftar di sisi maskapai nya, untuk pax yang akan terbang tetap menggunakan kode booking sebelumnya walaupun didalam nya masih ada 2 pax nanti disaat check in akan ada history refund 1 pax dengan kode booking split.

      Terima kasih, semonga bisa menjawab pertanyaan kakak

      Hapus

author
Taufiqurrahman
Ini adalah kumpulan Prosedur Refund dari kebijakan setiap maskapai, Proses refund bergantung pada kebijakan yang berlaku, dan bisa jadi berbeda untuk setiap maskapai. Pastikan Anda membaca kebijakannya secara seksama dan ikuti panduan yang ada.