Ketentuan Sriwijaya Air
Ketentuan Sriwijaya Air
Call center
Perubahan data Ticket Hanya dapat dilakukan melalui Call-Center Sriwijaya Air 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Masa Berlaku Tiket
Ketentuan refund juga tergantung pada masa berlaku tiket, yang berbeda-beda untuk tiap kelas:
>> Rute Domestik:
- Kelas X, E : 3 hari
- Kelas G, V : 7 hari
- Kelas T, Q : 14 hari
- Kelas N, M : 21 hari
- Kelas L, K : 1 bulan
- Kelas H, B : 2 bulan
- Kelas W, S, Y : 3 bulan
- Kelas I, D, C : 3 bulan
Tiket tidak terpakai setelah masa berlaku habis menjadi kadaluwarsa
>> Rute Internasional:
- Kelas X, E, G, O, U, V, T, Q, N : 1 bulan
- Kelas M, L, K : 3 bulan
- Kelas H, B, W : 6 bulan
- Kelas S, Y, I, D, C : 1 tahun
Tiket tidak terpakai setelah masa berlaku habis menjadi kadaluwarsa
Corr-Name dan Coorgender
- Rute domestik: Diperkenankan mengoreksi nama atau jenis kelamin dengan batasan maksimal 3 karakter dan dikenakan biaya administrasi Rp20.000
- Rute internasional: Koreksi nama maks. 5 karakter dikenakan biaya IDR 100,000/USD 10. Koreksi lebih dari 5 karakter dikenakan biaya IDR 250,000/USD 20 Harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Reroute
- Harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
- Kelas C, D, I, Y, S, W, H, B, K, L, M, N, Q, T, V, G, E, X Rute Domestik: Bisa
- Kelas U, O Rute Domestik: Tidak bisa
- Seluruh Kelas Rute Internasional: Tidak bisa
Ketentuan Reroute lainnya:
- Reroute hanya dilakukan sepanjang tiket masih berlaku
- Reroute memperhitungkan nilai tiket lama, apakah ada cancellation fee atau no show fee
- Reroute tidak mengembalikan nilai tiket lama jika terdapat kelebihan
- Kelas pada tiket baru minimal sama dengan kelas pada tiket lama
- Harga di tiket baru adalah harga sesuai rute yang baru
- Reroute dikenakan biaya administrasi reissue tiket Rp20.000 per tiket
Rebook/Reschedule
- Kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan, reschedule harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
- Upgrade kelas akan mengikuti ketentuan upgrade Sriwijaya Air
- Tiket yang sudah check-in akan dianggap hangus
- Kelas Ekonomi Y, S, W, H, B, K, L, M, N, Q, T, V, G, E, X, U, O
Rute Domestik:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
- Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
- Untuk rute domestik, reschedule juga dikenakan biaya rebook sebesar Rp50.000 dan biaya reissue Rp20.000 per tiket
Kelas Executive I, D, C Rute Domestik:
- Dapat dilakukan kapan saja, tanpa biaya pembatalan
Seluruh Kelas Rute Internasional:
- Reschedule harus dilakukan sebelum tiket kedaluwarsa
- Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp250.00
Ketentuan reschedule maju (berangkat lebih awal) diperbolehkan, dengan catatan:
- Seat masih tersedia
- Jika terjadi upgrade, maka mengikuti ketentuan upgrade
- Masa berlaku tiket dihitung mulai dari tanggal baru (jika reissue)
Ketentuan Upgrade tiket dalam Reschedule:
- Kelas X, E, G, V Rute Domestik: Min. 2 kelas ke atas
- Kelas T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik: Min. 1 kelas ke atas
- Kelas G, E, X, O, U, N, Q, T, V, K, L, M Rute Internasional: Min. 2 kelas ke atas
- Kelas W, B, H, S, Y Rute Internasional: Upgrade hanya bisa dilakukan ke kelas yang tersedia
Executive
Class I, D, C Rute Domestik dan Internasional tidak berlaku upgrade.
Jika kelas sesuai tiket full namun seat masih tersedia, maka dapat
diajukan rebook ke kelas sesuai tiket (same class).
Upgrade untuk tiket rute domestik dikenakan biaya admin reissue tiket Rp20.000 per tiket
Untuk permintaan upgrade tiket dari kelas Ekonomi ke kelas Executive, tidak dikenakan biaya admin reissue tiket
Pembatalan (Cancellation) & Refund
- Biaya refund akan dihitung dari tarif dasar
- Tiket yang sudah check-in dianggap HANGUS
- Late check-in dikenakan biaya no show
- Biaya admin void e-tiket: Rp20.000 per dokumen
Kelas X, E, G, V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik :
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
- Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
Kelas I, D, C Rute Domestik:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
Kelas X, E, G, U, O Rute Internasional:
- Tidak diperbolehkan
Kelas V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y, I, D, C Rute Internasional:
- Lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan, refund tidak dikenakan biaya apa pun
- Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan Rp.270.000 / $20
- Setelah No-Show, dikenakan biaya pembatalan Rp.400.000 / $30
Ketentuan refund lainnya:
- Refund hanya dapat diproses sepanjang belum melewati masa berlaku tiket (lihat di bagian selanjutnya) dan status tiket "open for use".
- Tiket yang habis masa berlakunya, menjadi kedaluwarsa dan tidak dapat diuangkan
- Refund dapat dilakukan hingga maks. 2 hari setelah tiket kedaluwarsa
- Tiket dengan harga langsung (through fare) tidak dapat diuangkan sebagian
Untuk
refund tiket dengan multi segment, maka segment yang akan diuangkan
dapat diterima setelah segment lain diterbangkan (Refund mengikuti masa
berlaku pada tiket segment tanggal kepulangan)
Ketentuan Bayi (Infant)
- Tiket Infant harus disesuaikan jika terjadi perubahan pada tiket dewasa termasuk reroute, upgrade, dll.
- Masa berlaku tiket Infant untuk Kelas Y/C adalah 3 bulan
- Refund tiket bayi Kelas Eksekutive (I, C, D) diberikan full refund
- Refund tiket bayi hanya dikenakan biaya refund sebesar Rp20.000
- Untuk rute internasional, refund tiket bayi hanya dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp.70.000 / $5
CATATAN TAMBAHAN
Case yang jarang
terjadi adalah case DOUBLE ISSUED, ketika menghadapi case seperti ini,
pengembalian dari issued kedua (dengan penerbangan, rute, tanggal, dan
data penumpang sama persis. Sub class berbeda tidak masalah) bisa
dikembalikan 100% asalkan tiket tidak dinyatakan NO SHOW atau sudah
dipastikan cancel sebelum penerbangan terjadi, jika sudah berstatus no
show, maka tidak akan bisa kembali full dana dari reservasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar