Jumat, 16 September 2016

Ketentuan Batik Air



Ketentuan Batik Air

Call Center
 Untuk perubahan data ticket  Hanya dapat dilakukan melalui call-center Batik Air: 021-63798000

Masa Berlaku Tiket
Seluruh kelas tiket: 90 hari
Ketentuan refund tergantung pada masa berlaku tiket yang dihitung dari tanggal keberangkatan. Tiket akan dianggap kedaluwarsa jika tidak digunakan hingga masa berlakunya habis.

Reroute/Pindah Rute
Tidak bisa.

Corr-Name dan Coorgender  
  • Diperkenankan 2-3 huruf, jika melebihi konfimasi ke maskapai ( akan di kenakan biaya core name ).
  • Untuk core Gender tidak di kenakan biaya.

Rebook/Reschedule 
  1. Hanya dapat dilakukan melalui call-center Batik Air: 021-63798000
  2. Rebook/reschedule minimal di kelas yang sama. 
  3. Di atas 48 jam, dikenakan biaya admin Rp 50.000 ditambah selisih harga tiket Batik Air baru. 
  4. Kurang dari 48 jam sampai 24 jam, dikenakan Cancellation Fee 50% dari basic fare/pax.
  5. Antara 24 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan Cancellation Fee 80% dari basic fare/pax. 
  6. Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan atau setelah proses check-in, dikenakan Cancellation Fee 90% dari basic fare/pax. 
  7. Untuk Infant (Anak-anak/Bayi) tidak dikenakan biaya admin maupun Cancellation Fee.
  8. Untuk harga tiket Batik Air baru yang lebih tinggi, selisih harga tidak akan dikembalikan.
 Pembatalan (Cancellation) & Refund


Kelas
>72 jam
≤72 jam sampai 4 jam
<4 jam
Semua kelas
CF 25%
CF 50%
CF 90%+taxes
  Semua persentase CF (Cancellation Fee) berdasarkan Basic Fare dari tiket yang aktif
  1. Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 25% dari tarif dasar.
  2. Antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 50% dari tarif dasar. 
  3. Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau no show, dikenakan biaya sebesar 90% dari tarif dasar.
    Proses refund dari maskapai Lion Grup terbagi dari dua bagian, yaitu melalui sistem (menggunakan user master dari login web Lion B2B) dan secara manual (memroses ke Lion Distrik Surabaya).
Syarat-syarat apa saja yang dapat dilakukan proses refund melalui sistem adalah :
  1. Penerbangan belum terjadi (hingga paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan)
  2. Belum dilakukan cancel untuk kode booking yang akan direfund
  3. Tidak ada reschedule dari pihak maskapai
Sedangkan untuk syarat-syarat apa saja agar dapat dilakukan proses refund secara manual, adalah kebalikan dari apa-apa saja yang bisa dilakukan melalui sistem.
Untuk kasus khusus yaitu double issued (data penumpang, rute dan tanggal sama), maka proses refundnya hanya dapat dilakukan secara manual saja. Akan tetapi, pihak travel agent harus mengirimkan email terlebih dahulu ke pihak Lion (form ada pada Mas Rizal Recon), baru kemudian melakukan proses pengiriman  Surat Kuasa ke pihak Lion Distrik Surabaya dengan membawa surat balasan yang telah dikirimkan dari pihak Lion via email.

Kebijakan penumpang anak-anak, bayi dan ibu hamil
 
  • Untuk usia kehamilan di atas 28 minggu, penumpang diwajibkan menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa penumpang fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Penumpang juga akan diminta mengisi formulir pertanggungan resiko Form of Indemnity (FOI)
  • Bayi di bawah usia 2 hari tidak diperkenankan dalam penerbangan, sedangkan bayi usia antara 3 sampai 7 hari harus disertai dengan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa bayi tersebut fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Surat keterangan medis tersebut diterbitkan setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan. 
  • Kategori bayi adalah di bawah 2 tahun dan orang tua bayi harus menandatangani formulir pertanggungan resiko (FOI). Anak-anak di atas usia 2 tahun dikenakan tarif yang sama dengan penumpang dewasa

61 komentar:

  1. dear Baik Air,

    kenapa call centre nya sibuk ya dari tadi saya coba hubungi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay kak chytraalfira.
      Biasanya memang sulit untuk menghubungi call center maskapai, biasanya saya random untuk pilihan tekan nya karena jika memilih sesuai yang kita inginkan biasanya sibuk. Misal saya mau menanyakan kode booking dan untuk hal tersebut tekan 2 atau berapa nah saya biasanya sudah tekan 1 yg memang bukan arah cek kode booking tetapi biasanya diangkat dan tetapi dibantu, itu pengalaman yg pernah saya lakukan.

      Hapus
    2. Mas saya kan refund pesawat batik air 3 hari sebelum keberangkatan tapi katanya harus nunggu 14 hari baru di transfer ke atm saya apa waktu 14 hari itu masih bisa di undur lagi dari pihak batik?

      Hapus
    3. Hi kak.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Proses refund memang membutuhkan proses lama jika proses nya manual, saya infokan perihal prose refund ada 2 macam untuk lion grup.

      1. Proses by sistem di agent portal lion
      Proses ini langsung cair dana dan masuk ke tempat dana virtual account si agent dan dana si customer langsung diberikan

      2. Proses manual
      Proses ini masih menggunakan form dan pihak agent pengajuan ke pihak lion grup, proses ini paling lama bisa memakan waktu 1 bulan karena perlu pengecekann dan perihal lainnya, jika sudah selesai pastinya si agent akan diinfokan dana sudah cair di virtual accout si agent, si customer diberikan dana nya. Proses ini sama juga jika dana untuk direfund langsung diberikan ke no rek customer.

      Terima kasih semoga bisa membantu

      Hapus
    4. Assalamualaikum kak maaf sbelumnya, bagaimna sy sdh refund 1 minggu sbelum keberangkatan, namun smpe saat ini refund dalam bentuk voucher saya belum dikirimkan dari pihak batik air maupun lion air grup. Sedangkan sy pesan tiket batik air.

      Hapus
    5. Hi kak.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai pertanyaan kakak mengenai proses refund yang 1 minggu belum menerima voucer dikarenakan proses untuk refund tersebut tergolong pada point 2 diatas jawaban saya

      2. Proses manual
      Proses ini masih menggunakan form dan pihak agent pengajuan ke pihak lion grup, proses ini paling lama bisa memakan waktu 1 bulan karena perlu pengecekann dan perihal lainnya, jika sudah selesai pastinya si agent akan diinfokan dana sudah cair di virtual accout si agent, si customer diberikan dana nya. Proses ini sama juga jika dana untuk direfund langsung diberikan ke no rek customer.

      Memang membutuhkan waktu untuk proses tersebut, silahkan kakak bisa langsung bertanya ke maskapai nya langsung dengan telepon langsung ke pihak maskapai.

      Terima kasih semoga bisa membantu

      Hapus
  2. Dear batik air,
    Jadwal penerbangan saya dibatalkan secara mendadak oleh pihak batik air dan belum ada pemberitahuan lebih detail apakah diganti pesawat lain atau bagaimana. Saya memutuskan untuk refund saja supaya cepat bisa booking yang lain . Mohon informasi bagaimana prosedurnya kalo pembatalan dari pihak maskapai. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kak Arfidhi,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, Mengenai proses atau SOP Refund ada 2 pilihan:
      1. Jika anda melakukan transaksi melalui agent penjualan tiketing pesawat anda bisa melakukan proses refund ke agent tersebut dan agent tersebut nnt akan membantu proses refund langsung ke maskapainya
      2. Jika anda melakukan transaksi tiket tersebut langsung melalui web maskapai anda bisa melakukan proses refund by call ke maskapai
      Berikut penjelasan alur proses dan SOP Refund maskapai. Terima kasih.

      Hapus
    2. Kenapa gak bisa di hubungi ya ? Saya mau reschedule penerbangan saya?

      Hapus
  3. Kenapa dari tadi gak bisa di hubungi ya? Says mau reschedule penerbangan saya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai pertanyaan diatas jika memang sibuk anda bisa menghubungi layanan call center lion air grup saja
      Nomor Call Center

      (+6280) 4177 8899
      (+6221) 6379 8000
      (+65) 6339 1922 (Singapore)
      (+60) 03-7841 5333 (Malaysia)
      Bisa dicek di website lion air http://www.lionair.co.id/id/contact-us

      Atau bisa juga ke website batik air https://www.batikair.com/id/Contact bisa memilih area anda dan disana biasanya tercantum contak center area wilayah tersebut.

      Terima kasih.

      Hapus
  4. Dear batik air

    Bagaimana cara cek tiket yang sudah di refund

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak Wahyu,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Perihal pertanyaan yang kakak sampaikan mengenai cara cek tiket yang sudah direfund dimaskapai batik air bisa langsung menghubungi call-center Batik Air: 021-63798000, kakak bisa menginfokan kode booking yang direfund sebelumnya agar bisa dicek secara detail nanti sama team customer service nya.

      Terima kasih.

      Hapus
  5. Gmana cara mengubah jadwal penerbangan tiket yang sudah di beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Perihal pertayaan kakak mengenai Rebook/Reschedule bisa dilihat panduan didatas sangat jelas disana diinfokan bahwasannya harus melalui call center, dan untuk contak call center sudah ada di nomor Batik Air: 021-63798000 jika call center sibuk kakak bisa menghubungi lion grup
      Nomor Call Center

      (+6280) 4177 8899
      (+6221) 6379 8000
      (+65) 6339 1922 (Singapore)
      (+60) 03-7841 5333 (Malaysia)
      Bisa dicek di website lion air http://www.lionair.co.id/id/contact-us

      Nanti kakak akan disambungkan dibagian layanan Batik Air, Mengenai biaya dan lain-lainnya akan diinfokan oleh pihak maskapai.

      Semoga informasi ini bisa membantu kakak. Terima kasih.

      Hapus
    2. Sibuk terus. Ada alamat email nya

      Hapus
    3. Hai Kak.

      Berikut Email: customercare@lionair.co.id

      Terima kasih

      Hapus
  6. Saya mau tanya. Gimana liat perubahan tiket kita uda berubah atau belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya
      Jika anda ingin mengetahui peruhanan anda bisa menghubungi kembali call centernya atau bisa juga dicek di waktu Check-in apakah berubah.

      Semoga informasi ini bisa membantu kakak. Terima kasih.

      Hapus
  7. Berapa lama waktu pengembalian uang refund tiket? Sy sdh refund melalui agent katanya ada pengembalian 50% tapi sampai saat ini blm ada konfirmasi kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai proses refund maskapai lion air grup biasanya max paling lama 3 bulan
      itu juga biasanya tergantung dari proses lion air nya sendiri, tergantung dari kebijakan refund setiap maskapai.

      Hapus
  8. Refund sebelum hari H atau setelah tgl brgkat pak..??

    Krn utk refund sebelum tgl keberangkatan bisa langsung di proses by system agent dan uang kembali saat itu juga...
    Utk refund setelah lewat dr tgl keberangkatan harus di proses by kantor lion estimasi waktu pengembalian biasa 2 minggu smpai 1 bulan...
    Klo lewat dr 2bulan coba bapak konfirmasi ke agent pak...

    BalasHapus
  9. Pak gmna caranya merubah hari penerbangan pak ?

    BalasHapus
  10. Batik air sucks.. sudenly cancel flight saya sdh 2 kali. Pada rute brgkt dan plg. Dan automaticly pd saat reschedulle hotline service jd susah duhubungi. Jikalau saya one day trip. Bahaya donk tiba2 cancel dan hrs additional book hotel. Dan semua itu hanya bisa d akses disuruh kembali dtg ke kantor batik air atau bandara. Kadang bandara ad yg mau bantu ad yg tidak bisa, malah disuri dtg ke kantor batik air lagi.

    Kalau memang cancel flight karena penumpang sedikit jgn jual d jam tersebut. Supaya org tdk beli.

    Seharusnya maskapai penerbangan bisa memudahkan bukan mempersulit.

    BalasHapus
  11. Slmt malam mas.istri sy melakukan pembuatan penarbangan batik air utk jam 11.00 tgl.12 sept 19.melapor ke Agent travel ktny fipak Agent TDK bisa refund(hangus).apa seperti itu jawaban oleh agen? Mohon bantuannya nya mas.teriam kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Sesuai dengan informasi blog saya diatas seharusnya bisa di refund
      Walaupun keberangkatan tersebut sudah terbilang no show bisa direfund potongan 90% plus dengan administrasinya.

      Seharusnya kakak tanya alasannya tidak bisa direfund dikarenakan apa

      Hapus
  12. Brp biaya utk ganti tgl pnerbangan. Sy brgkt tgl 23 tp mau ganti k tgl 16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai biaya reschedule silahkan kakak melakukan konfirmasi ke call center lion air dikarenakan biaya reschedule tergantung dari tanggal keberangkatan yang akan di reschedule dan jumlah kursi yang masih available.

      Hapus
  13. Saya sangat kecewa terhadap proses reschedule di bandara kno dan proses pengajuan komplain saya di bandara halim perdanakusumah..

    Di kno terjadi kesalahpahaman tentang jadwal schedule.. yg harusnya tgl 9 nov pagi, tapi oleh karyawan an. Desi dibuat tanggal 8 nov.. dan biasanya harus dilakukan cross check tgl dgn melingkarri ny di print out tiket.. tapi tidak dilakukannya..

    Saya komplain di bandara halim yang prosesnya juga sangat lama.. ujung2nya juga tidak bisa.. terpaksa saya beli tiket baru.. karena terdesak, saya beli tiket untuk jadwal pagi ini juga.. eh karyawan nya 'sok2' melingkari jadwal dan tempat duduk saya.. giliran begini baru sibuk melingkarinya..

    Saya komplain,jika tidak ada kesepakatan, saya akan gugat secara perdata untuk kasus ini

    BalasHapus
  14. Slmt mlm,pak sy mau membtlkan penerbangan saya untuk tgal 20 12 19, kira2 brpa % ya pak bisa d kemblikn

    BalasHapus
  15. Saya pesan tiket di traveloka tiket batik air, jadi akan di rescedule. apakah saya re scedulu melalui traveloka atau telp ke batik air nya. mohon solusinya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya
      Lebih baik nya konfirmasi ke traveloka selaku agent, di Traveloka Sediakan Fitur Ganti Jadwal Penerbangan, kakak bisa menanyakan fitur tersebut dan perihal lainnya seperti biaya tambahan.

      Terima kasih

      Hapus
    2. Apa kah bisa reschdule jadwal penerbangan ke website batik.air jika saya memesan tikenya di tiket.com ?

      Hapus
    3. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Kakak bisa melakukan proses reschdule dimana saja tidak harus melalui tempat pembelian tiket sebelumnya.
      Penerbangan bisa dilakukan reschdule menyesuaikan dengan pesawat, class.

      Silahkan hubungu pihak batik air atau bisa coba langsung melakukan proses reschdule di website batik air jika memang menyediakan proses reschdule

      Terima kasih

      Hapus
  16. Sy mw nanya..jika sudah check in online apakah masih bisa direfund..(utk flight besok jam 07.40 WIB) atau bisa digeser flightnya dari HLP ke Soetta...? Trims.

    #klo bsa direfund berarti ptong harga 50% ya kak? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya
      Menjawab pertanyaan kakak mengenai transaksi yang sudah di check-in online apakah bisa direfund atau tidak?, sebenarnya di proses SOP nya tidak bisa alangka baiknya kakak bisa langsung menghubungi call center lion untuk menanyakan perihal ini dikarenakan apa? dikarenakan butuh pengecekan lebih detail, biasanya ditanyakan kode booking nya dan dilakukan pengecekan disisi lion nya

      Terima kasih

      Hapus
  17. Berapa lama refund sejak pembatalan tiket?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Mengenai proses refund sampai dengan dana cair memakan waktu max 3 bulan dari proses pengajuan refund ke pihak maskapai.

      Hapus
  18. Apabila saya membeli tiket pesawat di Traveloka buat 2 orang, bisa atau tidak kalo saya mau reschedule buat 1 orang . Dan bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Melakukan reschedule untuk 1 orang saja bisa, kalau kakak beli di aplikasi traveloka bisa menggunakan fitur "Easy Reschedule" di aplikasi traveloka, jika ingin langsung reschedule juga bisa dengan menghubungi call center lion air

      Terima kasih

      Hapus
  19. Dua hari yg lalu saya mesan tiket dari pegi² batik air,kemudian tadi di jam 18.00 ada pemberitahuan dr pihak maskapai klw ada pembatalan/reschedule Karna semakin maraknya wabah COVID-19. Kemudian saya refund apakah pihak dari maskapai akan mngubah keberangkatan atau mengembalikan dana saya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Menjawab pertanyaan kakak mengenai adanya pemberitahuan dari pihak maskapai atas pembatalan atau reschedule dikarenakan sesuatu hal yang diinfokan oleh pihak maskapai, sebenanrya kakak diberikan 2 opsi:

      1. Kakak bisa melakukan pembatalan (besar kemungkinan akan full refund) dikarenakan dari pihak maskapai yang menginformasikan perihal ini
      2. Kakak bisa melakukan reschedule dengan ketentuan-ketentuan dari pihak maskapai.

      Jika kakak sudah menginformasikan dibatalkan / direfund pastinya keberangkatan tersebut akan dibatalkan sesuai dengan permintaan kakak.

      Terima kasih.

      Hapus
  20. Kak mau tanya. Kalau misalkan kita beli tiket di traveloka. 1 tiket 2 penumpang. Perjalanan masih 2 bln lagi. Apa bisa d refund salah satu penumpangnya aja kak? Mengingat... saya belinya ini tiket promo. Mksh.sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai pertanyaan kakak apakah bisa direfund dengan kondisi 2 penumpang dan yang direfund 1 penumpang saja, Perihal tersebut bisa kak direfund salah satu penumpangnya saja nantinya mengenai dana kembali sesuai dengan ketentuan masing-masing maskapai. Silahkan diajukan refund dan ditanyakan atas dana yg dikembalikan.

      Terima kasih

      Hapus
  21. Dear batik air, apakah bisa merefund tiket pesawat yang sebelumnya sudah pernah di reschedule?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai pertanyaan kakak apakah bisa diproses refund dengan kondisi sudah pernah mengajukan reschedule?, BISA. Kakak bisa mengajukan proses refund ke tempat kakak beli dan counter atau loket yg bersangkutan akan melakukan proses secara manual ke sisi maskapai.

      Terima kasih.

      Hapus
  22. Selamat siang,gimana cara merubah schedule tiket yg sudah di booking perusahaan lewat pihak travel?dan tiket itu di booking pergi pulang,yang mau di rubah untuk pulangnya nanti.
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Untuk merubah jadwal penerbangan (schedule) bisa dilakukan prosesnya di tempat kakak membeli tiket tersebut dipihak travelnya, jika yang dischedule adalah tiket kepulangan tinggal diberikan koode booking yg pulang nanti akan diproses dan dibantu oleh pihak travel ke maskapai nya.

      Terima kasih semoga membantu.

      Hapus
  23. Kak, mau nanya saya tanggal 30 Maret kmren melakukan refund dan kata nya 14 hari bakalan di TF ke no rekening langsung. Sampe skrng kenapa blm ada transfer an dari pihak batik air ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai proses refund secara SOP memang 14 Hari kerja sesuai yang diinfokan oleh team Maskapai tersebut, tetapi banyak proses didalamnya sehingga tidak menutup kemungkinan melebihi dari 14 hari kerja dan bisa sampai 1 bulan lebih karena yang diproses refund banyak dan itu wajar. Kakak bisa bertanya langsung ditempat kakak melakukan refund agar update sampai dimana proses nya.

      Terima kasih semoga bisa membantu.

      Hapus
  24. Dear Batik Air

    Saya ingin Menanyakan berkenaan dengan operasional bandara dengan tujuan pulang kampung. Apakah pada tanggal 30 April 2020 tetap operasional dengan tujuan Palembang?

    Semisal mau refund langsung datang ke counter costumer service YIA bisa tidak pak dan uang akan kembali 100% tidak ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai operasional dengan tujuan mudik atau pulang kampung Kami mendapatkan informasi bahwasannya lion grup pertanggal 24 April 2020 tidak diadakannya kepentingan penerbangan penumpang.
      Mengenai pertanyaan refund bisa dilakukan di counter, Call Center atau Kantor Perwakilan Lion Air, pengembalian dana dikembalikan fullfare NTA dan berupa Voucher bukan uang tunai, Lebijakan ini untuk proses Rebook dan Refund tiket special case Covid-19 berlaku per tanggal 24 April 2020

      Terima kasih semoga bisa membantu.

      Hapus
  25. Hallo kak , kak mau tanya kok rechedul udah berulang kali kok gak bisa , katanya harus lapor d maskapai 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mengenai pertanyaan kakak memang ketentuannya seperti itu, jika kakak melakukan reschedule berulang-ulang pastinya akan diarahkan kembali ke maskapainya langsung dan ada maksimal berapa kali melakukan reschedule dan itu pun minimal harus dilakukan di kelas yang sama atau lebih tinggi.

      Terima kasih semoga bisa membantu.

      Hapus
  26. Assalamualaikum mau nanya aku kan pesan tiket ditraveloka tapi salah pesen harusnya jakarta makassar tapi ini malah makassar jakarta gimna solusinya supaya bisa ditukar ke jakarta makassar?

    BalasHapus
  27. Selamat siang saya mau bertanya kenapa ketika saya mau reschedule tidak ada rute penerbangan padahal kemarin-kemarin ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak Ezra,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Jika memang tidak ada rute penerbangan artinya untuk reschedule tanggal dan jam pada waktu yang di inginakn untuk reschedule tidak sudah tidak ada kursi yang kosong. Kakak bisa meminta informasi reschedule yang available pada tanggal dan jam berapa yang masih ada, agar bisa mempermudah team dari maskapai untuk melakukan pengecekan jadwal tersebut.

      Terima kasih semoga bisa membantu.

      Hapus
  28. Kak, saya mau tanya. Saya beli tiket dari pegipegi, tapi saya mau refund langsung ke maskapai batik air. Nanti uang refund nya bisa ngga ya di transfer langsung ke rekening saya. Mengingat setelah saya baca2 testi di google, banyak yg sudah ajuin refund dan dana telah di tf ke travel agent "itu" tapi sama mereka ga dikembalikan ke customer. Saya takut saya juga digituin jadi saya mau refund langsung aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Kakak bisa melakukan proses refund melalui bandara atau langsung di gerai maskapai yg sudah tersedia
      Mengenai proses refund dan pengembalian dana sebenarnya ada beberapa proses agar kakak lebih paham.

      Jika kakak mengajukan proses ke pihak agent proses nya ada 2 macam
      A. Proses secara sistem
      -Agent melakukan proses refund atas transaksi tiket yang status nya masih aktif belum dilakukan proses cancel disisi maskapai
      -Dana akan secara otomatis masuk dihari itu juga dikarenakan proses refund dilakukan by sistem melalui portal website maskapai

      B. Proses Manual
      -Agen melakukan proses refund atas transaksi tiket yang memang tidak bisa dilakukan proses refund by sistem dikarenakan beberapa kendala(tiket status sudah cancel, sudah terbang dll)
      -Agen mengajukan proses refund secara manual pengajuan ke sisi maskapai dan ini proses nya lama dikarenakan manual dan banyak step yang dilakukan oleh pihak maskapai
      -Max dana bisa di berikan oleh pihak maskapai 3 Bulan

      Jika kakak ingin refund langsung tidak melalui agent, bisa dilakukan langsung ke maskapai mengenai mekanisme proses dana akan dilakukan tranfer ke rekening pelanggan biasanya pihak maskapai melakukan konfirmasi ke pihak agent bawahsannya ada pelanggan atas nama xxx melakukan refund dan dana ingi ditranfer ke rekening bersangkutan

      Semoga bisa membantu atas pertanyaan kakak.

      Terima kasih

      Hapus
  29. Kak, kira2 kalo yg sya pesan maskapai batik air trus di reschedule bisa gak pindh ke maskapai lain? Ato harus batik air ato lion?

    BalasHapus

author
Taufiqurrahman
Ini adalah kumpulan Prosedur Refund dari kebijakan setiap maskapai, Proses refund bergantung pada kebijakan yang berlaku, dan bisa jadi berbeda untuk setiap maskapai. Pastikan Anda membaca kebijakannya secara seksama dan ikuti panduan yang ada.