Ketentuan Batik Air
Call Center
Untuk perubahan data ticket Hanya dapat dilakukan melalui call-center Batik Air: 021-63798000
Untuk perubahan data ticket Hanya dapat dilakukan melalui call-center Batik Air: 021-63798000
Masa Berlaku Tiket
Seluruh kelas tiket: 90 hari
Ketentuan refund tergantung pada masa berlaku tiket yang dihitung dari tanggal keberangkatan. Tiket akan dianggap kedaluwarsa jika tidak digunakan hingga masa berlakunya habis.
Seluruh kelas tiket: 90 hari
Ketentuan refund tergantung pada masa berlaku tiket yang dihitung dari tanggal keberangkatan. Tiket akan dianggap kedaluwarsa jika tidak digunakan hingga masa berlakunya habis.
Reroute/Pindah Rute
Tidak bisa.
Tidak bisa.
Corr-Name dan Coorgender
- Diperkenankan 2-3 huruf, jika melebihi konfimasi ke maskapai ( akan di kenakan biaya core name ).
- Untuk core Gender tidak di kenakan biaya.
Rebook/Reschedule
- Hanya dapat dilakukan melalui call-center Batik Air: 021-63798000
- Rebook/reschedule minimal di kelas yang sama.
- Di atas 48 jam, dikenakan biaya admin Rp 50.000 ditambah selisih harga tiket Batik Air baru.
- Kurang dari 48 jam sampai 24 jam, dikenakan Cancellation Fee 50% dari basic fare/pax.
- Antara 24 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan Cancellation Fee 80% dari basic fare/pax.
- Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan atau setelah proses check-in, dikenakan Cancellation Fee 90% dari basic fare/pax.
- Untuk Infant (Anak-anak/Bayi) tidak dikenakan biaya admin maupun Cancellation Fee.
- Untuk harga tiket Batik Air baru yang lebih tinggi, selisih harga tidak akan dikembalikan.
Pembatalan (Cancellation) & Refund
Kelas
|
>72 jam
|
≤72
jam sampai 4 jam
|
<4 jam
|
Semua kelas
|
CF 25%
|
CF 50%
|
CF 90%+taxes
|
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 25% dari tarif dasar.
- Antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 50% dari tarif dasar.
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau no show, dikenakan biaya sebesar 90% dari tarif dasar.
Proses refund dari maskapai Lion Grup terbagi dari dua bagian, yaitu
melalui sistem (menggunakan user master dari login web Lion B2B) dan
secara manual (memroses ke Lion Distrik Surabaya).
Syarat-syarat apa saja yang dapat dilakukan proses refund melalui sistem adalah :
Syarat-syarat apa saja yang dapat dilakukan proses refund melalui sistem adalah :
- Penerbangan belum terjadi (hingga paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan)
- Belum dilakukan cancel untuk kode booking yang akan direfund
- Tidak ada reschedule dari pihak maskapai
Sedangkan
untuk syarat-syarat apa saja agar dapat dilakukan proses refund secara
manual, adalah kebalikan dari apa-apa saja yang bisa dilakukan melalui
sistem.
Untuk kasus khusus yaitu double issued (data penumpang, rute dan tanggal sama), maka proses refundnya hanya dapat dilakukan secara manual saja. Akan tetapi, pihak travel agent harus mengirimkan email terlebih dahulu ke pihak Lion (form ada pada Mas Rizal Recon), baru kemudian melakukan proses pengiriman Surat Kuasa ke pihak Lion Distrik Surabaya dengan membawa surat balasan yang telah dikirimkan dari pihak Lion via email.
Kebijakan penumpang anak-anak, bayi dan ibu hamil
Untuk kasus khusus yaitu double issued (data penumpang, rute dan tanggal sama), maka proses refundnya hanya dapat dilakukan secara manual saja. Akan tetapi, pihak travel agent harus mengirimkan email terlebih dahulu ke pihak Lion (form ada pada Mas Rizal Recon), baru kemudian melakukan proses pengiriman Surat Kuasa ke pihak Lion Distrik Surabaya dengan membawa surat balasan yang telah dikirimkan dari pihak Lion via email.
Kebijakan penumpang anak-anak, bayi dan ibu hamil
- Untuk usia kehamilan di atas 28 minggu, penumpang diwajibkan menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa penumpang fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Penumpang juga akan diminta mengisi formulir pertanggungan resiko Form of Indemnity (FOI)
- Bayi di bawah usia 2 hari tidak diperkenankan dalam penerbangan, sedangkan bayi usia antara 3 sampai 7 hari harus disertai dengan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa bayi tersebut fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Surat keterangan medis tersebut diterbitkan setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan.
- Kategori bayi adalah di bawah 2 tahun dan orang tua bayi harus menandatangani formulir pertanggungan resiko (FOI). Anak-anak di atas usia 2 tahun dikenakan tarif yang sama dengan penumpang dewasa
dear Baik Air,
BalasHapuskenapa call centre nya sibuk ya dari tadi saya coba hubungi?
Hay kak chytraalfira.
HapusBiasanya memang sulit untuk menghubungi call center maskapai, biasanya saya random untuk pilihan tekan nya karena jika memilih sesuai yang kita inginkan biasanya sibuk. Misal saya mau menanyakan kode booking dan untuk hal tersebut tekan 2 atau berapa nah saya biasanya sudah tekan 1 yg memang bukan arah cek kode booking tetapi biasanya diangkat dan tetapi dibantu, itu pengalaman yg pernah saya lakukan.
Mas saya kan refund pesawat batik air 3 hari sebelum keberangkatan tapi katanya harus nunggu 14 hari baru di transfer ke atm saya apa waktu 14 hari itu masih bisa di undur lagi dari pihak batik?
HapusHi kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Proses refund memang membutuhkan proses lama jika proses nya manual, saya infokan perihal prose refund ada 2 macam untuk lion grup.
1. Proses by sistem di agent portal lion
Proses ini langsung cair dana dan masuk ke tempat dana virtual account si agent dan dana si customer langsung diberikan
2. Proses manual
Proses ini masih menggunakan form dan pihak agent pengajuan ke pihak lion grup, proses ini paling lama bisa memakan waktu 1 bulan karena perlu pengecekann dan perihal lainnya, jika sudah selesai pastinya si agent akan diinfokan dana sudah cair di virtual accout si agent, si customer diberikan dana nya. Proses ini sama juga jika dana untuk direfund langsung diberikan ke no rek customer.
Terima kasih semoga bisa membantu
Assalamualaikum kak maaf sbelumnya, bagaimna sy sdh refund 1 minggu sbelum keberangkatan, namun smpe saat ini refund dalam bentuk voucher saya belum dikirimkan dari pihak batik air maupun lion air grup. Sedangkan sy pesan tiket batik air.
HapusHi kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai pertanyaan kakak mengenai proses refund yang 1 minggu belum menerima voucer dikarenakan proses untuk refund tersebut tergolong pada point 2 diatas jawaban saya
2. Proses manual
Proses ini masih menggunakan form dan pihak agent pengajuan ke pihak lion grup, proses ini paling lama bisa memakan waktu 1 bulan karena perlu pengecekann dan perihal lainnya, jika sudah selesai pastinya si agent akan diinfokan dana sudah cair di virtual accout si agent, si customer diberikan dana nya. Proses ini sama juga jika dana untuk direfund langsung diberikan ke no rek customer.
Memang membutuhkan waktu untuk proses tersebut, silahkan kakak bisa langsung bertanya ke maskapai nya langsung dengan telepon langsung ke pihak maskapai.
Terima kasih semoga bisa membantu
Dear batik air,
BalasHapusJadwal penerbangan saya dibatalkan secara mendadak oleh pihak batik air dan belum ada pemberitahuan lebih detail apakah diganti pesawat lain atau bagaimana. Saya memutuskan untuk refund saja supaya cepat bisa booking yang lain . Mohon informasi bagaimana prosedurnya kalo pembatalan dari pihak maskapai. Terima kasih
Dear Kak Arfidhi,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya, Mengenai proses atau SOP Refund ada 2 pilihan:
1. Jika anda melakukan transaksi melalui agent penjualan tiketing pesawat anda bisa melakukan proses refund ke agent tersebut dan agent tersebut nnt akan membantu proses refund langsung ke maskapainya
2. Jika anda melakukan transaksi tiket tersebut langsung melalui web maskapai anda bisa melakukan proses refund by call ke maskapai
Berikut penjelasan alur proses dan SOP Refund maskapai. Terima kasih.
Kenapa gak bisa di hubungi ya ? Saya mau reschedule penerbangan saya?
HapusKenapa dari tadi gak bisa di hubungi ya? Says mau reschedule penerbangan saya .
BalasHapusHalo, Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
HapusMengenai pertanyaan diatas jika memang sibuk anda bisa menghubungi layanan call center lion air grup saja
Nomor Call Center
(+6280) 4177 8899
(+6221) 6379 8000
(+65) 6339 1922 (Singapore)
(+60) 03-7841 5333 (Malaysia)
Bisa dicek di website lion air http://www.lionair.co.id/id/contact-us
Atau bisa juga ke website batik air https://www.batikair.com/id/Contact bisa memilih area anda dan disana biasanya tercantum contak center area wilayah tersebut.
Terima kasih.
Dear batik air
BalasHapusBagaimana cara cek tiket yang sudah di refund
Hay Kak Wahyu,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Perihal pertanyaan yang kakak sampaikan mengenai cara cek tiket yang sudah direfund dimaskapai batik air bisa langsung menghubungi call-center Batik Air: 021-63798000, kakak bisa menginfokan kode booking yang direfund sebelumnya agar bisa dicek secara detail nanti sama team customer service nya.
Terima kasih.
Gmana cara mengubah jadwal penerbangan tiket yang sudah di beli
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Perihal pertayaan kakak mengenai Rebook/Reschedule bisa dilihat panduan didatas sangat jelas disana diinfokan bahwasannya harus melalui call center, dan untuk contak call center sudah ada di nomor Batik Air: 021-63798000 jika call center sibuk kakak bisa menghubungi lion grup
Nomor Call Center
(+6280) 4177 8899
(+6221) 6379 8000
(+65) 6339 1922 (Singapore)
(+60) 03-7841 5333 (Malaysia)
Bisa dicek di website lion air http://www.lionair.co.id/id/contact-us
Nanti kakak akan disambungkan dibagian layanan Batik Air, Mengenai biaya dan lain-lainnya akan diinfokan oleh pihak maskapai.
Semoga informasi ini bisa membantu kakak. Terima kasih.
Sibuk terus. Ada alamat email nya
HapusHai Kak.
HapusBerikut Email: customercare@lionair.co.id
Terima kasih
Saya mau tanya. Gimana liat perubahan tiket kita uda berubah atau belum
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya
Jika anda ingin mengetahui peruhanan anda bisa menghubungi kembali call centernya atau bisa juga dicek di waktu Check-in apakah berubah.
Semoga informasi ini bisa membantu kakak. Terima kasih.
Berapa lama waktu pengembalian uang refund tiket? Sy sdh refund melalui agent katanya ada pengembalian 50% tapi sampai saat ini blm ada konfirmasi kembali
BalasHapusSdh 2 bulan
HapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai proses refund maskapai lion air grup biasanya max paling lama 3 bulan
itu juga biasanya tergantung dari proses lion air nya sendiri, tergantung dari kebijakan refund setiap maskapai.
Refund sebelum hari H atau setelah tgl brgkat pak..??
BalasHapusKrn utk refund sebelum tgl keberangkatan bisa langsung di proses by system agent dan uang kembali saat itu juga...
Utk refund setelah lewat dr tgl keberangkatan harus di proses by kantor lion estimasi waktu pengembalian biasa 2 minggu smpai 1 bulan...
Klo lewat dr 2bulan coba bapak konfirmasi ke agent pak...
Pak gmna caranya merubah hari penerbangan pak ?
BalasHapusBatik air sucks.. sudenly cancel flight saya sdh 2 kali. Pada rute brgkt dan plg. Dan automaticly pd saat reschedulle hotline service jd susah duhubungi. Jikalau saya one day trip. Bahaya donk tiba2 cancel dan hrs additional book hotel. Dan semua itu hanya bisa d akses disuruh kembali dtg ke kantor batik air atau bandara. Kadang bandara ad yg mau bantu ad yg tidak bisa, malah disuri dtg ke kantor batik air lagi.
BalasHapusKalau memang cancel flight karena penumpang sedikit jgn jual d jam tersebut. Supaya org tdk beli.
Seharusnya maskapai penerbangan bisa memudahkan bukan mempersulit.
Slmt malam mas.istri sy melakukan pembuatan penarbangan batik air utk jam 11.00 tgl.12 sept 19.melapor ke Agent travel ktny fipak Agent TDK bisa refund(hangus).apa seperti itu jawaban oleh agen? Mohon bantuannya nya mas.teriam kasih
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Sesuai dengan informasi blog saya diatas seharusnya bisa di refund
Walaupun keberangkatan tersebut sudah terbilang no show bisa direfund potongan 90% plus dengan administrasinya.
Seharusnya kakak tanya alasannya tidak bisa direfund dikarenakan apa
Brp biaya utk ganti tgl pnerbangan. Sy brgkt tgl 23 tp mau ganti k tgl 16
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai biaya reschedule silahkan kakak melakukan konfirmasi ke call center lion air dikarenakan biaya reschedule tergantung dari tanggal keberangkatan yang akan di reschedule dan jumlah kursi yang masih available.
Saya sangat kecewa terhadap proses reschedule di bandara kno dan proses pengajuan komplain saya di bandara halim perdanakusumah..
BalasHapusDi kno terjadi kesalahpahaman tentang jadwal schedule.. yg harusnya tgl 9 nov pagi, tapi oleh karyawan an. Desi dibuat tanggal 8 nov.. dan biasanya harus dilakukan cross check tgl dgn melingkarri ny di print out tiket.. tapi tidak dilakukannya..
Saya komplain di bandara halim yang prosesnya juga sangat lama.. ujung2nya juga tidak bisa.. terpaksa saya beli tiket baru.. karena terdesak, saya beli tiket untuk jadwal pagi ini juga.. eh karyawan nya 'sok2' melingkari jadwal dan tempat duduk saya.. giliran begini baru sibuk melingkarinya..
Saya komplain,jika tidak ada kesepakatan, saya akan gugat secara perdata untuk kasus ini
Slmt mlm,pak sy mau membtlkan penerbangan saya untuk tgal 20 12 19, kira2 brpa % ya pak bisa d kemblikn
BalasHapusSaya pesan tiket di traveloka tiket batik air, jadi akan di rescedule. apakah saya re scedulu melalui traveloka atau telp ke batik air nya. mohon solusinya Pak
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya
Lebih baik nya konfirmasi ke traveloka selaku agent, di Traveloka Sediakan Fitur Ganti Jadwal Penerbangan, kakak bisa menanyakan fitur tersebut dan perihal lainnya seperti biaya tambahan.
Terima kasih
Apa kah bisa reschdule jadwal penerbangan ke website batik.air jika saya memesan tikenya di tiket.com ?
HapusHi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Kakak bisa melakukan proses reschdule dimana saja tidak harus melalui tempat pembelian tiket sebelumnya.
Penerbangan bisa dilakukan reschdule menyesuaikan dengan pesawat, class.
Silahkan hubungu pihak batik air atau bisa coba langsung melakukan proses reschdule di website batik air jika memang menyediakan proses reschdule
Terima kasih
Sy mw nanya..jika sudah check in online apakah masih bisa direfund..(utk flight besok jam 07.40 WIB) atau bisa digeser flightnya dari HLP ke Soetta...? Trims.
BalasHapus#klo bsa direfund berarti ptong harga 50% ya kak? Tq
Hay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya
Menjawab pertanyaan kakak mengenai transaksi yang sudah di check-in online apakah bisa direfund atau tidak?, sebenarnya di proses SOP nya tidak bisa alangka baiknya kakak bisa langsung menghubungi call center lion untuk menanyakan perihal ini dikarenakan apa? dikarenakan butuh pengecekan lebih detail, biasanya ditanyakan kode booking nya dan dilakukan pengecekan disisi lion nya
Terima kasih
Berapa lama refund sejak pembatalan tiket?
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai proses refund sampai dengan dana cair memakan waktu max 3 bulan dari proses pengajuan refund ke pihak maskapai.
Apabila saya membeli tiket pesawat di Traveloka buat 2 orang, bisa atau tidak kalo saya mau reschedule buat 1 orang . Dan bagaimana caranya?
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Melakukan reschedule untuk 1 orang saja bisa, kalau kakak beli di aplikasi traveloka bisa menggunakan fitur "Easy Reschedule" di aplikasi traveloka, jika ingin langsung reschedule juga bisa dengan menghubungi call center lion air
Terima kasih
Dua hari yg lalu saya mesan tiket dari pegi² batik air,kemudian tadi di jam 18.00 ada pemberitahuan dr pihak maskapai klw ada pembatalan/reschedule Karna semakin maraknya wabah COVID-19. Kemudian saya refund apakah pihak dari maskapai akan mngubah keberangkatan atau mengembalikan dana saya? Terimakasih
BalasHapusHay Kak,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Menjawab pertanyaan kakak mengenai adanya pemberitahuan dari pihak maskapai atas pembatalan atau reschedule dikarenakan sesuatu hal yang diinfokan oleh pihak maskapai, sebenanrya kakak diberikan 2 opsi:
1. Kakak bisa melakukan pembatalan (besar kemungkinan akan full refund) dikarenakan dari pihak maskapai yang menginformasikan perihal ini
2. Kakak bisa melakukan reschedule dengan ketentuan-ketentuan dari pihak maskapai.
Jika kakak sudah menginformasikan dibatalkan / direfund pastinya keberangkatan tersebut akan dibatalkan sesuai dengan permintaan kakak.
Terima kasih.
Kak mau tanya. Kalau misalkan kita beli tiket di traveloka. 1 tiket 2 penumpang. Perjalanan masih 2 bln lagi. Apa bisa d refund salah satu penumpangnya aja kak? Mengingat... saya belinya ini tiket promo. Mksh.sblmnya
BalasHapusHi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai pertanyaan kakak apakah bisa direfund dengan kondisi 2 penumpang dan yang direfund 1 penumpang saja, Perihal tersebut bisa kak direfund salah satu penumpangnya saja nantinya mengenai dana kembali sesuai dengan ketentuan masing-masing maskapai. Silahkan diajukan refund dan ditanyakan atas dana yg dikembalikan.
Terima kasih
Dear batik air, apakah bisa merefund tiket pesawat yang sebelumnya sudah pernah di reschedule?
BalasHapusHi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai pertanyaan kakak apakah bisa diproses refund dengan kondisi sudah pernah mengajukan reschedule?, BISA. Kakak bisa mengajukan proses refund ke tempat kakak beli dan counter atau loket yg bersangkutan akan melakukan proses secara manual ke sisi maskapai.
Terima kasih.
Selamat siang,gimana cara merubah schedule tiket yg sudah di booking perusahaan lewat pihak travel?dan tiket itu di booking pergi pulang,yang mau di rubah untuk pulangnya nanti.
BalasHapusMohon penjelasannya
Hi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Untuk merubah jadwal penerbangan (schedule) bisa dilakukan prosesnya di tempat kakak membeli tiket tersebut dipihak travelnya, jika yang dischedule adalah tiket kepulangan tinggal diberikan koode booking yg pulang nanti akan diproses dan dibantu oleh pihak travel ke maskapai nya.
Terima kasih semoga membantu.
Kak, mau nanya saya tanggal 30 Maret kmren melakukan refund dan kata nya 14 hari bakalan di TF ke no rekening langsung. Sampe skrng kenapa blm ada transfer an dari pihak batik air ya kak?
BalasHapusHi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai proses refund secara SOP memang 14 Hari kerja sesuai yang diinfokan oleh team Maskapai tersebut, tetapi banyak proses didalamnya sehingga tidak menutup kemungkinan melebihi dari 14 hari kerja dan bisa sampai 1 bulan lebih karena yang diproses refund banyak dan itu wajar. Kakak bisa bertanya langsung ditempat kakak melakukan refund agar update sampai dimana proses nya.
Terima kasih semoga bisa membantu.
Dear Batik Air
BalasHapusSaya ingin Menanyakan berkenaan dengan operasional bandara dengan tujuan pulang kampung. Apakah pada tanggal 30 April 2020 tetap operasional dengan tujuan Palembang?
Semisal mau refund langsung datang ke counter costumer service YIA bisa tidak pak dan uang akan kembali 100% tidak ya? Terimakasih
Hi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai operasional dengan tujuan mudik atau pulang kampung Kami mendapatkan informasi bahwasannya lion grup pertanggal 24 April 2020 tidak diadakannya kepentingan penerbangan penumpang.
Mengenai pertanyaan refund bisa dilakukan di counter, Call Center atau Kantor Perwakilan Lion Air, pengembalian dana dikembalikan fullfare NTA dan berupa Voucher bukan uang tunai, Lebijakan ini untuk proses Rebook dan Refund tiket special case Covid-19 berlaku per tanggal 24 April 2020
Terima kasih semoga bisa membantu.
Hallo kak , kak mau tanya kok rechedul udah berulang kali kok gak bisa , katanya harus lapor d maskapai 😭
BalasHapusHi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Mengenai pertanyaan kakak memang ketentuannya seperti itu, jika kakak melakukan reschedule berulang-ulang pastinya akan diarahkan kembali ke maskapainya langsung dan ada maksimal berapa kali melakukan reschedule dan itu pun minimal harus dilakukan di kelas yang sama atau lebih tinggi.
Terima kasih semoga bisa membantu.
Assalamualaikum mau nanya aku kan pesan tiket ditraveloka tapi salah pesen harusnya jakarta makassar tapi ini malah makassar jakarta gimna solusinya supaya bisa ditukar ke jakarta makassar?
BalasHapusSelamat siang saya mau bertanya kenapa ketika saya mau reschedule tidak ada rute penerbangan padahal kemarin-kemarin ada
BalasHapusHay Kak Ezra,
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Jika memang tidak ada rute penerbangan artinya untuk reschedule tanggal dan jam pada waktu yang di inginakn untuk reschedule tidak sudah tidak ada kursi yang kosong. Kakak bisa meminta informasi reschedule yang available pada tanggal dan jam berapa yang masih ada, agar bisa mempermudah team dari maskapai untuk melakukan pengecekan jadwal tersebut.
Terima kasih semoga bisa membantu.
Kak, saya mau tanya. Saya beli tiket dari pegipegi, tapi saya mau refund langsung ke maskapai batik air. Nanti uang refund nya bisa ngga ya di transfer langsung ke rekening saya. Mengingat setelah saya baca2 testi di google, banyak yg sudah ajuin refund dan dana telah di tf ke travel agent "itu" tapi sama mereka ga dikembalikan ke customer. Saya takut saya juga digituin jadi saya mau refund langsung aja.
BalasHapusHi Kak.
HapusTerima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Kakak bisa melakukan proses refund melalui bandara atau langsung di gerai maskapai yg sudah tersedia
Mengenai proses refund dan pengembalian dana sebenarnya ada beberapa proses agar kakak lebih paham.
Jika kakak mengajukan proses ke pihak agent proses nya ada 2 macam
A. Proses secara sistem
-Agent melakukan proses refund atas transaksi tiket yang status nya masih aktif belum dilakukan proses cancel disisi maskapai
-Dana akan secara otomatis masuk dihari itu juga dikarenakan proses refund dilakukan by sistem melalui portal website maskapai
B. Proses Manual
-Agen melakukan proses refund atas transaksi tiket yang memang tidak bisa dilakukan proses refund by sistem dikarenakan beberapa kendala(tiket status sudah cancel, sudah terbang dll)
-Agen mengajukan proses refund secara manual pengajuan ke sisi maskapai dan ini proses nya lama dikarenakan manual dan banyak step yang dilakukan oleh pihak maskapai
-Max dana bisa di berikan oleh pihak maskapai 3 Bulan
Jika kakak ingin refund langsung tidak melalui agent, bisa dilakukan langsung ke maskapai mengenai mekanisme proses dana akan dilakukan tranfer ke rekening pelanggan biasanya pihak maskapai melakukan konfirmasi ke pihak agent bawahsannya ada pelanggan atas nama xxx melakukan refund dan dana ingi ditranfer ke rekening bersangkutan
Semoga bisa membantu atas pertanyaan kakak.
Terima kasih
Kak, kira2 kalo yg sya pesan maskapai batik air trus di reschedule bisa gak pindh ke maskapai lain? Ato harus batik air ato lion?
BalasHapus